Sabtu, 05 April 2014

VCO (VIRGIN COCONUT OIL)





Virgin Coconut Oil (VCO) biasa dikenal minyak kelapa murni merupakan minyak dari kelapa yang diperoleh melalui proses tidak melibatkan pemanasan tinggi serta tanpa penambahan bahan kimia, sehingga kandungan yang ada di dalam minyak VCO tetap utuh (tidak ada yang hilang selama pemrosesan).

VCO sendiri telah dikenal luas, mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan, kebugaran, kecantikan dan sebagainya. Oleh karena itu, VCO yang berkualitas mengandung banyak manfaat karena senyawa-senyawa penyusunnya masih utuh.

Menurut standar mutu Asian Pacific Coconut Community (APCC), VCO yang berkualitas mengandung asam lemak sebagai berikut :

Asam kaproat (0,4 – 0,6%)
Asam kaprilat (5 – 10%)
Asam kaprat (4,5 – 8%)
Asam laurat (43 – 3%)
Asam miristat (16 – 21%)
Asam palmitat (7,5 – 10%)
Asam stearat (2 – 4%)
Asam oleat (5 – 10%)
Asam linoleat (1 – 2,5%)
Asam linolenat (< 0,5%)
VCO berkualitas mempunyai berbagai macam manfaat :

Asam laurat pada VCO di dalam tubuh diubah menjadi monolaurin, sebuah senyawa monogliserida yang ampuh mengatasi infeksi virus, bakteri dan protozoa.
Minyak VCO mampu berperan sebagai antivirus, antibakteri, antijamur, anti protozoa. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat didalamnya.
Kandungan asam kaprat pada VCO dalam tubuh diubah menjadi senyawa yang sangat efektif menghambat penyebaran virus HIV-AIDS.
VCO bermanfaat menurunkan dan mengobati penyakit jantung koroner. Pada penderita penyakit itu, pembuluh darah koroner menyempit karena ada tumpukan lemak. Hal itu adalah proses yang wajar seiring pertambahan usia. Dengan mengkonsumsi VCO secara rutin dapat melarutkan endapan kolestrol dalam pembuluh darah, sehingga peredaran darah lancar.

Kandungan asam dalam minyak VCO mampu melarutkan membran virus yang berupa lipid yang akan mengganggu kekebalan virus. Oleh karena itu ia dapat berperan untuk mengurangi dan mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh mikroba seperti HIV, hepatitis C, herpes, influenza, cytomegalovirus, Strepcocous sp., Stapilococus sp., gram positive, gram negative, helicobacterpylory, dan candida.
Sementara itu, asam kaprilat yang terdapat pada Virgin Coconut Oil sangat potensial untuk mematikan jamur (candida) penyebab keputihan.
Minyak VCO tersusun atas lemak-lemak rantai sedang (MCFA) yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak menimbulkan timbunan lemak pada tubuh, dsb.
Disamping itu, masih banyak manfaat yang terdapat pada minyak VCO, antara lain sebagai berikut :

Mementahkan atau mematikan cacing pita , lice, giardia, dan parasit lainnya.
Memberikan sumber nutrisi energi cepat.
Meningkatkan energi dan daya tahan yang amemperbaiki fisik dan penampilan atlit.
Memperbaiki pencernaan dan penyerapan vitamin-vitamin dan asam amino yang dapat larut dalam lemak.
Memperbaiki sekresi insulin dan pendayagunaan glukosa darah.
Meredakan strs pada pankreas dan system-sistem enzim tubuh.
Membantu meredakan gejala-gejala dan mengurangi resiko-resiko yang berhubungan dengan diabetes.
Mengurangi gangguan-gangguan yang berhubungan dengan gejala kesulitan pencernaan dan cystic fibrosis.
Memperbaiki penyerapan kalsium dan magnesium serta serta mendukung perkembangan tulang dan gigi yang kuat.
Membantu melindungi diri kita terhadap serangan osteoporosis.
Mermbantu meredakan gejala-gejala sakit saluran kandung kemih.
Meredakan gejala-gejala yang berhubungan dengan crohn disease, ulcerative colitis, dan bisul perut.
Mengurangi peradangan kronis.
Manfaat VCO  bagi kesehatan :

1.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

VCO dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Menurut penelitian, konsumsi minyak virgin coconut oil, dua kali sehari selama empat pekan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yang berperan penting dalam penyembuhan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

2.  Obat asma dan alergi

Siapkan secangkir air hangat, satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak Virgin Coconut Oil. Campurkan dan minum di pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam. Selama pengobatan, hindari makanan dingin dan pemicu alergi.

3.  Obat peradangan

Siapkan satu sendok minyak VCO dan campur dengan setengah sendok teh minyak habbatusaudda. Gosokkan pada wajah dan basuhlah wajah dengan air sabun setelah satu jam kemudian.

Untuk pengobatan peradangan di pergelangan kaki dan persendian lainnya, ambil satu sendok cuka, dua sendok madu dan setengah sendok teh minyak VCO. Gunakan ramuan ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.

4.  Obat kanker

Diminum satu sendok minyak VCO setiap hari selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosokkan minyak habbatussauda pada bagian yang terkena kanker selama dua minggu

Demikianlah beberapa khasiat Virgin Coconut Oil (VCO), semoga bermanfaat dan cepat sembuh

0 komentar:

Posting Komentar